masa panen kopi luwak

Masa Panen Kopi Luwak Di Dataran Tinggi Gayo

Kapan masa panen kopi luwak di Dataran Tinggi Gayo..? untuk menjawab itu  kita harus membahas secara terpisah antara kopi luwak  Gayo yang liar dan Kopi luwak Gayo yang ternak dan masa panen kopi Arabika Gayo.

Masa Panen Kopi Luwak Liar Gayo

Masa panen kopi luwak Gayo liar sangat tergantung pada masa penen kopi arabika Gayo. Kopi Arabika Gayo itu panen 2 kali dalam satu tahun kalender, yaitu bulan Januari sampai dengan bulan Mei dan bulan September sampai dengan bulan Desember. Kenapa harus membahas masa panen kopi, karena luwak makan kopi jika buah kopinya ada, kalau ndak ada buah kopi yang masak apa mau luwaknya makan buah kopi muda....

Karena musim panennya di bulan Januari maka luwak juga makan biji kopi pada bulan januari sampai dengan bulan Mei, maka masa panen kopi luwak liar pasti juga bulan januari sampai dengan bulan Mei, begitu juga pada bulan September dan Desember.

Apakah di luar bulan tersebut seperti bulan Juni, Juli dan Agustus tidak ada masa panen kopi luwak, jelas tidak ada karena  buah kopi pada musim tersebut sangat sedikit kalaupun ada pasti sangat sedikit dan kurang berkualitas.

Pada musim panen pun tidak sepanjang bulan panen tersebut kopi luwak liar itu banyak, hanya banyak pada panen puncak karena biasanya hewan luwak liar ini memakan buah kopi merah/cery yang sangat matang, buah matang banyak itu ketika petani pemilik kebun kewalahan untuk memetik dan ini terjadi hanya pada musim panen puncak yang biasa berjalan sekitar satu bulan saja. Jadi panen kopi luwak liar itu banyak satu bulan di antara bulan januari – Mei dan satu bulan di musim panen September – Desember.

Faktor yang Menentukan Kualitas Kopi Luwak Liar Gayo

1. Tingkat Pengetahuan para Pengumpul, Toke atau pembeli kopi luwak

2. Tingkat Pengetahuan para petani pengumpul kopi luwak liar dalam artian apakah petani pengumpul pernah dilatih tentang teknik yang baik mengumpulkan kopi luwak liar atau hanya berdasarkan pengalaman yang tidak terbimbing.

3. Cara memproses kopi luwak liar yang meliputi, pencucian (bagi yang ingin mencuci), penjemuran, penyimpanan dan penggilingan atau meng-huller kopi luwak liar

4. Kapan waktu Kopi Luwak Liar Gayo yang baik dipanen, pada umur berapa hari kopi luwak liar tersebut diambil sejak dikeluarkan oleh hewan musang.

5. Apakah petani pengumpul mencampur kopi luwak yang ditemukannya  yang baru dengan yang lama.

Kopi Luwak Ternak Gayo

Berbeda dengan kopi luwak liar, kopi luwak ternak memiliki waktu penen yang lebih panjang tapi tetap mengikuti priode panen kopi arabika, karena di ambil dari kebun yang matang buahnya dipetik lalu di berikan pada hewan luwak.

Panen kopi luwak ternak jika pada bulan Januari sampai bulan Mei dapat setiap hari karena penangkar dapat memberikan buah kopi merah/cerry setiap hari di malam hari sehingga luwaknya makan itu kopi.. dan kalau hewan luwaknya lagi doyan pasti banyak dimakan sehingga banyak juga panen biji kopi kotoran luwaknya, kalau ini pasti masalah selera atau tidak seleranya si hewan luwak.Begitu juga panen pada bulan September sampai dengan bulan Desember.

Lalu apakah bulan Juni, Juli dan Agustus panen luwak ternak masih banyak, tentu tidak karena tidak ada atau sedikit buah kopi merah yang dapat diberikan pada hewan luwak ini, jumlahnya sangat berkurang.

Karena kejadiannya demikian maka jumlah kopi luwak ternak dan jumlah kopi luwak liar pasti sangat berbeda jauh tentang kuantitas atau jumlahnya. Sehingga selalu muncul pertanyaan berapa kapasitas kopi luwak gayo pertahun..? nampaknya untuk itu kita harus tanya pada rumput yang bergoyang atau pada Ebit G. Ade..

Kopi Luwak Ternak Gayo Sudah Punah

Sejak jatuhnya kredebelitas kopi luwak ternak, semua penangkar melepas luwak atau hewan musang ke habitat aslinya lagi, karena selain kurangnya permintaan tapi juga biaya yang harus dikeluarkan oleh penangkar kopi luwak ini.

jadi jelas sudah tidak ada lagi musim panen kopi luwak tangkar, hal ini memberi nilai positif bagi kehidupan hewan luwak agar bisa hidup bebas dan menikmati kehidupan bersama keluarganya. sumua kopi luwak yang dihasilakn di Dataran Tinggi Gayo saat ini adalah kopi luwak liar yang musim panen kpi luwak ini tetap mengikuti priode panen kopi arabika yang tumbuh disekililing perkebunan petani.

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 asakopigayo.com
asakopigayo.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap